HBD eaa

Happy birthday kakak muda 😄😘. Iya tepat 1 januari ini genap 8 tahun. Mas sepupuku yang paling muda dan tercakep. Semoga menjadi pribadi yang luar biasa,  bisa membanggakan keluarga, rajin ibadahnya,  Cinta sosial, dan gak egois. Selalu semangat belajarnya ya!  Jangan sepak bola teruus,  jangan kelewatan juga nge game nya. Gaapa sih main,  tapi jangan lupa belajar,  ngaji n sholatnya. Oh ya maafkan adekmu ini yang belum bisa meluangkan waktu untuk badminton,  tiap kali hari minggu aku mengiyakan untuk diajak badminton,  tapi aku selalu gk nongol di lapangan.  Insyaallah klok aku bener2 free pasti main badminton lagi kok. GBU  😘😍😘

Refleksi

​                                  
Tap.. tap.. tap.. langkahku sedikit merintih

kutengokkan mata dari kesendirian berbalik dalam rona keramaian

iya, sesak penuh suasana dlm sekejap saja pandangan

kulihat mereka berlari dalam mrebut kemenangan

denga kuda-kuda yg istimewa

mereka brlomba utk sbuah tujuan

ada mesin intlektual

dengan perisai ideologi

ada juga pedang keberanian

yang slalu ter’asa’ dengan penuh kesiapan

banyak gerombolan penuh asa 
Ada gerombolan lain pula yg ingin mematikan langkah gerombolan lainnya

Saling beradu dalam medan pertempuran

Mengadu mesin mana yang paling brkualitas

Mengadu perisai mana yang paling kuat

Mengadu pedang mana yang lebih dulu tajam dlm menghempaskan musuh

Mereka saling berjuang satu sama lain
Baru kusadari betapa kompleksnya kehidupan ini

baru kusadari betapa kerdilnya diri ini

hidup dalam sebuah tempurung

yang kuanggap sebagai sebuah kenyamanan
Baru kusadari ada kesalahan pada diriku

dalam menerjemahkan zona kenyamanan

asyik dalam tempurung sendiri seperti kura-kura

yang sedikit ragu dlm setiap langkah

sangat pelan dlm melangkah, yg kadang tanpa kepastian

Trlalu jumawa, tempurungkulah kebanggaanku

Padahal ketika mesin menggilas tempurungku

Hancur leburlah sudah
Namun,  aku percaya bahwa aku punya perisai yang kuat

Iya,  sangat kuat,  karena slalu ku tanam meski langkahku untuk tujuanku masih teragak-agak

Teragak-agak dalam sebuah ketakutan

Untuk melangkah jauh dari tempurung yang seolah kebanggaan
Hanya saat ini kucoba brlari dlm tmpurung kenyamanan

Mengembangkan mesin agar menjadi kualitas

Terus memajukan perisaiku,  dengan aksi yang pasti

Tak lupa meng’asa’ pedangku dengan kemantapan.

Ku yakin akupun dpat meraih tujuanku

RANGKUMAN BUKU ILMU PENGETAHUAN POPULER

 

Judul Buku             :  Merawat Cattleya

Pengarang        :  Dra.Dyah Widiastoety Darmono, M.S.

Penerbit          :  Penebar Swadya

Jumlah Halaman :  63 Halaman

 

DAFTAR ISI

PRAKATA……………………………………………..V

  1. MENGENAL CATTLEYA………………………… 1
  2. Mengapa Dinamakan Cattleya………………….. 1
  3. Mengenal Karakteristik Cattleya………………. 4
  4. RAGAM JENIS CATLLEYA………………………. 11
  5. Catllleya Spesies……………………………… 11
  6. Catlleya Hibrida………………………………. 19
  7. MEMILIH TANAMAN CATTLEYA………………… 27
  8. Memilih Bibit Dalam Botol……………………… 28
  9. Memilih Bibit Communty pot (Compot)………….. 28
  10. Memilih Bibit dalam Bentuk Individu……………  29
  11. Memilih Tanaman Remaja………………………. 30
  12. Memilih Tanaman Berbunga……………………. 31
  13. MERAWAT CATTLEYA…………………………… 33
  14. Memperhatikan Kebutuhan Cahaya Matahari…… 33
  15. Memahami Suhu Ideal…………………………. 34
  16. Mengatur Kelembapan…………………………. 34
  17. Memilih Media Tumbuh………………………… 35
  18. Melakukan Pemupukan…………………………. 37
  19. Melakukan Penyiraman………………………… 38
  20. Melakukan Repotting Pada Saat yang Tepat…… 39
  21. HAMA DAN PENYAKIT…………………………… 45
  22. Mencegah dan Mengatasi Hama…………………. 45
  23. Mengendalikan Penyakit…………………………. 48
  24. MENCEGAH KERONTOKAN BUNGA CATTLEYA…….. 54
  25. Faktor Alamiah…………………………………. 54
  26. Faktor Genetik…………………………………. 54
  27. Faktor Iklim……………………………………. 55
  28. Faktor Hama dan Penyakit……………………… 57
  29. Faktor Pemupukan………………………………. 59

DAFTAR PUSTAKA………………………………………. 61

RANGKUMAN

BAB 6 MENCEGAH KERONTOKAN BUNGA CATTLEYA…..   54

  1. Faktor Alamiah…………………………………. 54
  2. Faktor Genetik…………………………………. 54
  3. Faktor Iklim……………………………………. 55
  4. Faktor Hama dan Penyakit……………………… 57
  5. Faktor Pemupukan………………………………. 59

 

 

RANGKUMAN :

MENCEGAH  KERONTOKAN CATTLEYA

Kerontokan cattleya disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:

  1. Faktor alamiah

Rontoknya bunga tidak dipermasalahkan bila terjadi karena faktor alamiah, apabila telah tiba saatnya karena pengaruh waktu, maka lapisan sel tersebut akan semakin menipis dan mengering sehingga bunga akan rontok dengan sendirinya.

  1. Faktor genetik

Bunga ceat layu karena faktor genetik dapat diperbaiki dengan persilangan.

  1. Faktor iklim, terdiri dari :
  • Hujan

Hujan terus menerus menyebabakan aerasi dan draenasi udara terganggu.akibatnya proses fisiologi terhambat sehingga bunga akan mudah rontok

  • Suhu

Musim kemarau atau suhu udara sanga tinggi yang berkepanjangan menyebabkan anggrek terganggu proses fisiologinya. Akibatnya, bunga menjadi layu, berkerut dan akhirnya rontok.

Agar bunga cattleya tidak cepat layu dan cepat rontok disekitar tempat penanaman disemprot air untuk meningkatkan kelembapan dan menurunkan suhu.

  • Angin

Angin yang bertiup sangat kencang secara berkepanjangan maka akan dapat merobohkan tanaman dan mematahkan tangkai bunga, sebaiknya di sekeliling penanaman  di beri pelindung atau penahan angin seperti, paranet, papan kayu, dll.

 

  1. Faktor hama dan penyakit

Bentuk serangan hma pada cattleya biasanya dengan memekan bagian-bagian tanaman  seperti daun, bunga, dll. Akibat serangan hama tersebut helaian daun atau bunga menjadi robek.penyakit pada cattleya adalah penyakit yang disebabkan oleh jasad renik atau potagen seperti cendawan, bakteri, dan virus yang mengisap cairan dalm jaringan tanaman. Upaya untuk memperpanjang daya tahan bunga adalah dengan melakukan pencegahan daripada pengobatan.

  1. Faktor pemupukan

Kuantitas dan kualitas tanaman sangat ditentukan oleh masa prapanen  oleh karena itu pemupukan mutlak diperlukan dalm pemeliharaan cattleya tergantung pada umur tanaman, jenis tanaman , saat pemupukan, frekuensi pemupukan, dan dosis pupuk.

Pada fase pertumbuhan, tanaman ini membutuhkan unsur makro (C, H, O, N, S, P, K, Ca, Mg) dan unsur mikro (Fe, Cl, Zn, Mn, Cn, B). Oleh karena itu dalam melakukan pemupukan diperlukan pupuk majemuk yaitu yang mengandung unsur makro dan mikro. Sebaiknya tidak hanya menggunakn pupuk majemuk saja, tetapi manggunakn lebih dari 2 jenis pupuk majemuk agar saling melengkapi.

JADUL

Hasil karya puisi zaman SMP kelas VII, lucu juga kalo di post bahasanya sangar, sesuai otakku yg  pas-pasan waktu itu. haha 🙂

Puisi:

ILMU

 

Karya : adik junaidatul .i.

Ilmu . . .

Semua orang memerlukanmu

Untuk mendapatkanmu . . .

Ku belajar setiap waktu

Ku camkan kau dalam otakku

Buku adalah sumbermu . . .

Bagaikan makanan . . . . . . .

yang kusantap tiap waktu

Guru adalah penerangmu

Bagaikan lampu . . .

Yang menerangi hari-hariku

Otak adalah tempatku menyimpanmu

Bagaikan flashdisk . . .

Yang selalu setia menyimpan memoryku

Kaulah sumberku . . .

Kaulah penerang hatiku

Kaulah segalanya bagiku . . .

Tanpamu ilmu  . . .

Aku tak brguna …

Dibumi pertiwi ini

Di dunuia ini . . .

Di dunia yang suci akan ilmu . .

BASA-BASI

Hey guys, iseng-iseng pingin nulis Lagi..Sudah lama nggak pernah ngeblog rasanya pengin eksis ngeblog.
sekian lama utek-utek nih blog karena lupa sama e-mailnya+passwordnya juga, akhirnya nemu juga.
Tapi saking lamanya nggak nulis, bingung juga mau nulis apaan.
jiiaahh.. Gini aja ini aku punya saran buat kalian yang ingin sukses tapi lagi butuh2nya motivasi karena lagi terpuruk atau apalah baca buku ini,ini aku kasih resensinya. Bukan maksudnya promo bukunya orang tapi saran aja coz isinya bagus

RESENSI BUKU Continue reading

Cafe Pink

       Boleh jadi Cafe Pink adalah tempat yang paling di favoritkan seluruh siswa-siswi SpenIVda pada saat istirahat, bagaimana tidak, tempatnya yang menurut kami sangat nyaman dan menyenangkan ini cocok untuk para siswa menikmati jajanan , bersenda gurau maupun untuk mengerjakan tugas ataupun diskusi.

         Biasanya kami (aku, zum-zum, minung, hilda, alda, nabila, aida,zizi, dan indrawati) kebagian nongkrong disini kalok istirahatnya di tunda, kalau tidak? Ya wassalam. Tempat ini sangat amat kita favoritkan karena tempatnya bersih, nyaman, dan bisa membuat  segalanya menjadi lebih WOW.

cafe